Politik Global

Spanyol Sambut Baik Pembicaraan Damai di Westchester

KOMENTAR
post image

Spanyol yang tengah mendapat giliran memimpin Uni Eropa menyambut baik rencana pembicaraan damai antara Maroko dan Polisario mengenai isu Sahara yang akan digelar kembali di New York.

Berbicara di Brussel, sebelum pertemuan Parlemen Eropa, Menteri Luar Negeri Spanyol Miguel Angel Moratinos menilai pembicaraan itu akan menjadi permulaan baru untuk mencari format yang paling tepat.

Pembicaraan damai mengenai isu Sahara akan digelar di Westchester County, di luar kota New York, Amerika Serikat pada tanggal 10 dan 11 Februari pekan depan.

Sebelumnya, bulan Agustus 2009 telah digelar pembicaraan di Austria untuk mengawali pembicaraan damai putaran kelima untuk masalah Sahara berdasarkan Resolusi 1871 yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB. Pembicaraan di Austria itu dihadiri delegasi Maroko, Aljazair, Mauritania, dan polisario.

Sebelumnya lagi, bulan Juni 2007, PBB telah menggelar empat putaran pembicaraan damai di Manhasset, New York. Dalam pembicaraan Manhasset itu, pada pihak membahas usul otonomi khusus yang ditawarkan pemerintah Maroko.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara