Politik Global

DK PBB Tak Terpengaruhi Black Campaign Polisario dan Aljazair

KOMENTAR
post image
Dewan Keamanan PBB tak terpengaruh kampanye yang dilakukan Aljazair dan Polisario untuk memojokkan Maroko menyusul kerusuhan di selatan Laayoune baru-baru ini.

Dewan Keamanan PBB telah menolak proposal yang diajukan Uganda untuk mengirim tim pencari fakta ke Laayoune. Menurut Menteri Dalam Negeri Mohamed El Yazghi, penolakan Dewan Keamanan ini adalah bukti bahwa kampanye Aljazair dan Polisario melalui Uganda tidak berhasil. Pernyataan Mohamed El Yazghi dimuat harian Al ittihad Al Ichtiraki yang terbit Senin waktu setempat.

Sang Mendagri mengungkapkan keterkejutannya setelah mengetahui bahwa kelompok masyarakat yang membakar tenda di Gdeim Izik, bukanlah warga Laayoune yang menganggur, melainkan orang-orang yang disusupkan Polisario dan Aljazair.

“Tersangka diduga merupakan agen-agen kelompok separatis dan Aljazair,” sebutnya sambil memerintahkan aparat keamanan untuk meneliti lebih lanjut kerusuhaan ini dengan menggunakan pendekatan damai.

Pelaku kriminalitas tersebut, kata Mendagri, sengaja memprovokasi dengan cara menyerang aparat keamanan. Mereka memicu bentrokan mematikan dengan harapan aksi mereka akan mempengaruhi pembicaraan damai yang sedang digelar PBB di saat bersamaan.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara