Politik Global

Pembicaraan Damai Kedelapan Dimulai Bulan Depan

KOMENTAR
post image
PBB akan kembali menggelar pembicaraan informal perdamaian antara Kerajaan Maroko dan kelompok separatis Polisario. Pembicaraan informal kedelapan itu akan digelar pada pekan kedua Juli 2011.

Seperti beberapa pembicaraan informal damai sebelumnya, pembicaraan kali ini pun akan digelar di kawasan suburban New York, Manhasset.

Rencana pembicaraan damai kedelapan ini disampaikan Utusan Khusus Sekjen PBB Christopher Ross, usai pertemuan damai ketujuh.

“Dalam pertemuan sebelumnya, diskusi berlangsung dalam atmosfir yang sangat serius, terbuka dan saling menghormati,” ujar Ross.

Dalam pembicaraan itu, kedua pihak yang bertikai sepakat kembali mereview Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai konflik di Sahara. Ross juga mengatakan bahwa kedua belah pihak menggarisbawahi pentingnya negosiasi dan mendiskusikan ide-ide baru yang disampaikan oleh Sekjen PBB.

Pembicaraan informal damai ketujuh dimulai Senin lalu. Selain Maroko dan Polisario, Aljazair yang selama ini melindungi Polisario dan Mauritania juga hadir dalam pembicaraan itu.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara