Politik Global

Kawasan Kota Tua Kasablanka Direhabilitasi

KOMENTAR
post image
RMOL. Kasblanka yang merupakan pusat perekonomian dan bisnis Maroko tengah berbenah. Beberapa titik di kota berpenduduk sekitar 3 juta jiwa itu kini tengah direhabilitasi. Salah satunya adalah benteng tua yang mengelilingi pasar tua Kasablanka.

Bulan Agustus tahun lalu, Raja Muhammad VI telah meresmikan beberapa proyek rehabilitasi gedung dan bangunan bersejarah di kota itu. Dua hari lalu (Rabu, 28/3), Muhammad VI menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat itu.

Kantor berita Maghrebe Arab Press (MAP), melaporkan, ketika mengunjungi Medina Kasablanka, Muhammad VI menyempatkan diri menyusuri lorong-lorong di dalam pasar tua itu. Ia juga mengunjungi tiga masjid tua di dalamnya, yakni Masjid Harakia Derkaouia, Masjid Kadiria dan Masjid Mguirja yang baru selesai direnovasi.

Selain untuk merenovasi bangunan-bangunan tua di dalam Medina Kasablanka, proyek ini juga bertujuan untuk meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat di kawasan itu. Termasuk di dalamnya adalah menambah sejumlah fasilitas sosial dan fasilitas umum yang dibutuhkan.

Proyek rehabilitasi Medina Kasablanka juga meliputi restorasi dinding yang mengelilingi Medina Kasablanka dan 78 rumah di kawasan Moulay Rachid.

MAP juga melaporkan, pekerjaan lain di dalam proyek ini juga meliputi pembangunan kembali pusat panas Bousmara dan konversi gereja Buenaventura menjadi rumah budaya. Pemerintah juga berencana membangun sebuah tempat yang dapat digunakan sebagai lokasi pertemuan warga. Juga akan dibangun pusat kerajinan yang terdiri dari 40 toko.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara