Politik Global

Muhammad VI Resmikan Pabrik Baja dan Terminal Mobil

KOMENTAR
post image
Kompleks pabrik baja senilai 5 sampai 7 miliar dirhams di Chellalate, Provinsi Mohammedia, diresmikan Raja Muhammad VI hari Kamis lalu (26/4). Proyek ini mencerminkan telak kuat Kerajaan Maroko mengembangkan sektor industri di tengah kebutuhan baja berkualitas tinggi yang terus tumbuh. Proyek itu pun memperlihatkan keterbukaan Kerajaan ke pasar internasional.

Pabrik baja ini memproduksi 2,9 juta ton per tahun yang akan digunakan untuk berbagai sektor pembangunan perumahan dan perkantoran juga industri listrik.

Menurut Maghreb Arab Presse, kompleks industri baja seluas 130 hektar persegi di distrik Bled Solb itu mempekerjakan sekitar 2.000 orang. Lebih dari setengah produksinya ditujukan untuk pasar Eropa (56 persen). Sementara untuk Afrika sebesar 27 persen, Asia sebesar 13 persen dan Timur Tengah sebesar 4 persen. Diperkirakan pabrik baja ini bisa menyerap 20 ribu tenaga kerja.

Di hari yang sama Raja Muhammad VI juga meresmikan terminal penyimpanan dan pemrosesan di pelabuhan Kasblanka senilai 168 dirhams. Fasilitas ini akan akan mendukung arus pengiriman ekspor dan impor mobil.

Disebutkan bahwa terminal baru ini dibangun dengan maksud untuk memperbaiki daya saing juga menunjang pertumbuhan ekonomi di kawasan itu. Setidaknya, sebanyak 5.000 monbil dapat ditampung di terminal ini. Proyek terminal baru ini juga memainkan peranan penting dalam perkembangan industri otomotif Maroko serta merupakan bagian penting dari Pakta Pertumbuhan Industri Nasional yang diluncurkan tahun 2005 lalu.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara