Politik Global

Muhammad VI: Kemenangan Hollande Perkuat Hubungan Eropa-Mediterania

KOMENTAR
post image
Kemenangan Francois Hollande dalam putaran final pemilihan presiden Prancis yang digelar hari Minggu kemarin (6/5) disambut hangat Raja Muhammad VI dari Maroko.

Dalam sepucuk surat yang dikirimkan segera setelah kemenangan Hollande diumumkan, Muhammad VI mengatakan kemenangan Hollande itu memperlihatkan betapa rakyat Prancis mempercayai kualitas dan kemampuan politik Hollande.

"Dalam kaitannya dengan pemilihan presiden Prancis, gembira rasanya dapat menyampaikan, baik secara pribadi maupun atas nama seluruh rakyat Maroko, salam hangat saya dan harapan tulus atas keberhasilan dalam misi terhormat yang kini Anda jalankan untuk melayani rakyat Prancis," tulis Muhammad VI seperti dikutip kantor berita MAP.

Menurut Muhammad VI, kemenangan Hollande juga memperlihatkan betapa rakyat Prancis sangat mengharapkan perubahan di negeri itu. Selain itu, sambung Muhammad VI, rakyat Prancis juga sangat berharap Hollande dapat memainkan peranan penting di masa yang akan datang untuk kemajuan, kesejahteraan dan kelayakan hidup.

Prancis, kata Muhammad VI lagi, di bawah kepemimpinan Hollande, Prancis akan memperoleh hasil yang signifikan yang akan memperkuat posisi Prancis tidak hanya di benua Eropa, tapi juga di dunia, sebagai negara berdaulat yang menjunjung tinggi nilai-nilai liberty, fraternity, dan equality atau kemerdekaan, persaudaraan dan persamaan.

"Saya juga percaya hubungan khusus dan unik yang mengikat kedua negara kita, seperti halnya kerjasama strategis akan semakin kuat," ujarnya lagi.

Muhammad VI pun mengatakan bahwa kepemimpinan Hollande akan membuat kerjasama kawasan Eropa dan Mediterania akan semakin baik. Ia mengajak Hollande untuk terus melanjutkan berbagai kerjasama di kedua negara, khususnya, dalam perang melawan teroris, kebencian dan intoleransi.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara