Politik Global

Benkirane: Kenaikan Harga BBM untuk Lindungi Rakyat Kecil

KOMENTAR
post image
Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ditujukan sebagai upaya mereformasi dana kompensasi sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh kelompok masyarakat bawah.

Demikian dikatakan Perdana Menteri Maroko, Abdellilah Benkirane, dalam program khusus yang disiarkan televisi Al Aoula dan 2M, Rabu waktu setempat (6/6).

Dana kompensasi tersebut, kata PM Benkirane lagi, ditata untuk menolong kelompok masyarakat miskin dan memperbaiki keadilan sosial. Dia mengingatkan bahwa paket kompensasi senilai 32,5 miliar dirham pada tahun 2012 itu digunakan untuk mensubsidi kebutuhan dasar seperti gandum (2 miliar dirham), gula (4 miliar dirham) dan gas (12 miliar dirham).

Reformasi yang dilakukan pemerintah disebutkan merupakan sebuah keharusan dan diperjuangkan sepenuhnya untuk membantu kelompok masyarakat bawah, termasuk janda, orang cacat dan orang tua. Juga disebutkan, dana kompensasi akan diberikan langsung kepada yang berhak. Dengan demikian, penerima dana kompensasi harus memiliki rekening bank atau setidaknya kartu pengenal penduduk yang valid.

Kenaikan harga BBM di negeri yang berada di ujung barat utara Afrika itu adalah pilihan strategis untuk menghindari gangguan nearaca belanja nasional. Tanpa itu, APBN Maroko akan mengalami defisit hingga 7,5 persen.

Dia juga mengatakan bahwa keputusan itu tidak berdampak pada ongkos transportasi publik dan bahan-bahan kebutuhan lainnya.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara