Politik Global

Otmani Garisbawahi Upaya Menjaga Keamanan Sahel

KOMENTAR
post image
Dialog strategis antara Maroko dan Amerika Serikat merupakan sebuah kesempatan bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral dalam sejumlah persoalan yang berkembang di tingkat regionalo dan global.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Maroko Saad Dine el Otmani dalam sesi pembuka pertemuan strategis dengan Amerika Serikat di Washington DC hari Kamis lalu (13/9).

Dalam bidang ekonomi, kerangka baru kerjasama kedua negara tersebut fokus pada upaya memperkuat investasi AS di Maroko dan konsolidasi kawasan perdagangan bebas untuk menjami sukses besar dan berimbang. Otmani juga menggarisbawahi kebutuhan meningkatkan hubungan bisnis kedua negara. Intinya, dialog strategis tersebut diyakini dapat menguntungkan kedua negara.

Sementara di bidang keamanan, Maroko diharapkan memainkan peranan penting di masa depan dalam memperkuat keamanan dan stabilitas kawasan Sahel-Sahara.

Khusus mengenai isu-isu keamanan, ujar Otmani, pertemuan tersebut akan membahas dan mengeksplorasi sejumlah cara yang mungkin dilakukan untuk menghentikan ancaman keamanan di kawasan itu.

Dalam sesi pembuka, Maghreb Arab Press melaporkan, Otmani menekankan komitmen kuat Maroko berkerja sama dengan partner internasional dan regional, NGO dan negara-negara sahabat untuk mengawal keamanan dan stabilitas Sahel-Sahara.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara