Politik Global

Dua Kerajaan Islam Perkuat Hubungan Dagang dan Pembangunan

KOMENTAR
post image
Kerajaan Maroko dan Kerajaan Arab Saudi tengah menggagas pola hubungan kerjasama yang dapat memperkokoh hubungan kedua kerajaan Islam itu. Raja Muhammad VI kini tengah mengunjungi Kerajaan Maroko untuk melakukan pembicaraan dengan Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud.

Muhammad VI meninggalkan Maroko hari Selasa kemarin (16/10) bersama Pangeran Moulay Rachid dan sejumlah menteri. Dari Arab Saudi, Raja Muhammad VI juga dijadwalkan mengunjungi Qatar, Uni Emurat Arab, dan Kuwait. Ini adalah kunjungan kerja pertama Raja Muhammad ke negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk. Kunjungan ini juga merupakan kelanjutan dari kerjasama Dewan Kerjasama Teluk dengan kawasan Afrika Utara yang ditandatangani tahun lalu.

Dalam kerjasama ini, Dewan Kerjasama Teluk akan memberikan kontribusi pembangunan di Maroko sebesar 1 miliar dolar AS pertahun untuk periode 2012 hingga 2016.

Menurut Menteri Keuangan Kerajaan Arab Saudi, Ibrahim , kedua negara akan mempromosikan kerjasama yang lebih kuat lagi di bidang perdagangan dan penanaman modal.

Dalam keterangan yang diterima redaksi, Menkeu Arab Saudi menegaskan peran penting Dana Pembangunan Saudi dalam membantu memperkuat hubungan kedua negeri bersaudara itu dalam sejumlah proyek pembangunan di Maroko.

Dana Pembangunan Saudi, katanya, membantu pembangunan sejumlah dam di Maroko, juga proyek pembangunan infrastruktur lain.

Juga disebutkan dalam kunjungan kerja itu kedua raja akan melakukan pertemuan untuk membicarakan sejumlah isu yang berkaitan dengan kepentingan umat Muslim dunia dan pembangunan negara-negara di dunia Arab.

Dari kawasan Teluk, Raja Muhammad VI juga akan mengunjungi Jordania. Dalam perjalanan ke Jordania, Raja Muhammad VI akan mengunjungi rumah sakit militer yang dibangun Maroko di distrik Zaatari untuk menampung ribuan pengungsi dari Suriah yang melarikan diri menyusul perang saudara di negeri itu.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

Berikutnya

Artikel Sahara