Politik Global

Pemimpin-pemimpin Spanyol Memuji Kemajuan Maroko

KOMENTAR
post image

SMC. Dalam perayaan ulang tahun ke-25 kenaikan takhta Raja Mohammed VI, para pemimpin Spanyol dari berbagai sektor menyampaikan ucapan selamat dan memuji perkembangan negara di bawah kepemimpinan raja.

Dalam pesannya kepada Raja Mohammed VI, Raja Felipe VI dari Spanyol menyampaikan ucapan selamat yang paling hangat atas nama pemerintah dan rakyat Spanyol.

“Meyakini bahwa hubungan istimewa yang menyatukan Spanyol dan Maroko akan terus menguat di masa mendatang, saya menyampaikan harapan untuk kemakmuran dan kebahagiaan rakyat Maroko,” tulis raja Spanyol.

Perdana Menteri Pedro Sanchez juga mengirimkan pesan ucapan selamat, yang menyoroti hubungan bertetangga dan persahabatan antara kedua negara.

“Maroko adalah salah satu mitra terdekat dan terpenting Spanyol,” kata Sanchez. “Kita harus terus berupaya membangun hubungan yang lebih bermanfaat untuk kepentingan kedua bangsa, demi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di seluruh wilayah Mediterania.”

Mantan Perdana Menteri Spanyol José Luis Rodriguez Zapatero memuji kemajuan luar biasa Maroko sejak kenaikan takhta Raja Mohammed VI. “Maroko telah membuat langkah besar di jalur kemajuan, menjadi lokasi pembangunan dan modernisasi terbuka,” kata Zapatero.

Ia menekankan kemajuan negara dalam pluralisme politik, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan sosial, yang telah membuat Maroko mendapat kredibilitas di kalangan masyarakat internasional.

Menteri Dalam Negeri Spanyol Fernando Grande-Marlaska menggarisbawahi komitmen Raja Mohammed VI terhadap pembangunan dan kemajuan Maroko. “Acara simbolis ini tidak hanya merayakan ulang tahun penobatan Yang Mulia tetapi juga kemajuan Kerajaan Maroko di bawah kepemimpinannya yang tercerahkan,” kata Grande-Marlaska.

Ia lebih lanjut memuji komunitas Maroko di Spanyol, yang jumlahnya lebih dari satu juta, sebagai contoh integrasi yang sukses dan sebagai kekuatan vital dalam memperkuat hubungan bilateral.

Menteri Pertanian, Perikanan, dan Pangan Luis Planas menggemakan sentimen tersebut, memuji perkembangan hubungan Maroko-Spanyol yang berkelanjutan di bawah kepemimpinan Raja Mohammed VI.

“25 tahun pemerintahan Yang Mulia Raja Mohammed VI merupakan perayaan bagi rakyat Maroko sekaligus peringatan atas solidnya hubungan yang menyatukan Maroko dan Spanyol,” ungkap Planas.

Ia menyoroti dampak positif dari peningkatan hubungan bilateral terhadap pembangunan kedua negara serta benua Afrika dan Eropa.

Seiring dengan upaya Spanyol dan Maroko untuk terus memperdalam kemitraan strategis mereka, kedua kerajaan tersebut siap memperoleh manfaat dari peningkatan kerja sama di berbagai sektor utama, termasuk energi terbarukan, urusan maritim, konstruksi, perdagangan, pertanian, perbankan, dan industri, serta perluasan kontak sosial, pendidikan, dan budaya.

Foto Lainnya

Menlu Maroko dan Menlu Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan

Sebelumnya

Raja Mohammed VI Tawarkan Kerangka Perdamaian untuk Hentikan Kekerasan Israel di Palestina

Berikutnya

Artikel Sahara